728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Survei SMRC: Kinerja buruk, 11 persen rakyat menyesal pilih Jokowi


Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei terhadap kepuasan pemilih Presiden Joko Widodo soal kinerja pemerintahan. Hasilnya, 11 persen pemilih Jokowi di Pilpres 2014 menyesal telah memilih mantan wali kota Solo itu.

Namun 87,9 persen pemilih Jokow saat pilpres lalu merasa tidak menyesal. Sementara sisanya sebesar 1,1 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Direktur Eksekutif SRMC Djayadi Hanan menyatakan optimisme rakyat dengan kepemimpinan Jokowi merosot. Karena setelah hampir 1 tahun Jokowi dipilih rakyat sebagai presiden, kondisi umum nasional, terutama ekonomi, politik dan hukum, tidak menjadi lebih baik. Sebaliknya cenderung semakin negatif.

"Refleksi dari menurunnya optimisme, artinya Presiden Jokowi sedang berada dalam defisit legitimasi dari rakyat," kata Djayadi dalam diskusi kinerja Presiden Jokowi: Evalusasi Publik Nasional Setahun Terpilih Menjadi Presiden, di Cikini Jakarta Pusat pada Kamis (9/7).

Dia menerangkan, sebanyak 11 persen rakyat Indonesia yang menyesal memilih Jokowi pada Pilpres 2014 dianggap jumlah yang signifikan. "Bagaimanapun, pemerintah sadar secara umum masyarakat nampak cenderung tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi. Dia berada dalam defisit legitimasi dari rakyat," ujarnya.

Survei dilakukan dari 25 Mei sampai 7 Juni 2015 dengan cara wawancara tatap muka ke seluruh warga Indonesia yang mempunyai hak dalam pemilu. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling dengan jumlah respoden capai 1.220. Margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Survei SMRC: Kinerja buruk, 11 persen rakyat menyesal pilih Jokowi Rating: 5 Reviewed By: Unknown