728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

NASA Temukan Planet Baru 'Sepupu Bumi' yang Layak Huni, Publik Gempar




Mars sempat disebut-sebut sebagai salah satu planet yang dapat ditinggali. Kini, NASA telah menemukan planet yang sangat mirip dengan Bumi dan bahkan mendapat julukan sebagai "Sepupu Bumi".

Kabar gembira ini disampaikan oleh NASA pada Kamis (23/7). Planet yang diberi nama Kepler-452b itu diketahui jauh lebih besar dan luas daripada Bumi. Selama ini, para ilmuwan hanya menemukan planet-planet kecil yang belum bisa menandingi luasnya Bumi.

Saat ini, kenyataan tersebut akhirnya berubah. Terlebih, Kepler-452b memiliki jarak terdekat dengan Bumi dan Matahari. Planet yang 60 persen jauh lebih besar dari Bumi diduga memiliki orbit yang hampir sama dengan planet kita yakni 385 hari.

[Planet Mirip Bumi]

Namun, untuk menuju ke sana para ilmuwan memprediksi bisa menghabiskan waktu hingga 1,5 juta tahun. Hal ini dikarenakan jarak tempuh antara Bumi dan Kepler-452b sekitar 1.400 juta tahun cahaya.

"Ini menjadi inspirasi bagi kita sendiri ketika mengetahui planet terbaru itu layak dihuni hingga 6 juta tahun lamanya," kata salah satu ilmuwan NASA, Jon Jenkins. "Sejauh ini, tidak ada planet lain yang bisa menyaingi Bumi."

"Ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi kelanjutan kehidupan anak dan cucu kita nantinya. Apalagi semua yang dibutuhkan bagi kehidupan manusia sudah tersedia lengkap di sana," sambungnya. Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui apakah ada mahluk hidup yang tinggal di sana

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: NASA Temukan Planet Baru 'Sepupu Bumi' yang Layak Huni, Publik Gempar Rating: 5 Reviewed By: Unknown