728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Tips membuka mobil yang terkunci dari dalam (kunci tertinggal didalam)

membuka mobil tanpa kunci
Kejadian yang semalam saya alami benar-benar jadi pengalaman, makanya saya ingin berbagi dengan semuanya disini.
Kejadiaannya saat saya turun dari mobil untuk membeli sesuatu (jagung rebus) sekitar pukul 20.00 Wib. Karena hujan dan agak tergesa maka mobil saya tinggal dalam keadaan terkunci seperi biasa.
Cek per cek ternyata kunci tertinggal di dalam mobil dengan kondisi tape/audio mobil menyala, pintu terkunci semua (central lock) dan seluruh jendela tertutup rapat tanpa celah.tiket.comNah ini bagaian yang ditunggu-tunggu pastinya yakni cara membuka pintu mobil dalam keadaan kunci tertinggal di dalam. Malam itu saya dibantu oleh Bapak pemilik warung, kemudian Bapak supir angkot, lalu 5 orang pemuda yang sangat berdedikasi untuk membantu ikut berjibaku sambil menelpon kenalannya yang kebetulan punya bengkel.
Beberapa upaya yang sudah dilakukan, tentunya dengan membuka karet penutup/sekat antara kaca dengan body, antara lain menekan-nekan (dicolok) dengan mistar pada pintu depan. Setelah gagal maka dibuat pengait dari kawat untuk menarik ‘sesuatu’ dari dalam sana.
Namun kedua upaya itu ternyata belum membuahkan hasil. Meskipun telah dicoba hampir dua jam oleh beberapa orang di pintu depan kedua sisi, kanan dan kiri.
Terakhir kami mencoba untuk membuka sekat pintu kanan belakang sesuai arahan bengkel yang di telpon tadi. Saat di sorot dengan lampu senter terlihat besi yang terkait ke plastik warna putih seperti pengait kunci. Maka dengan menggunakan kawat/besi pengait plastik tadi kami tarik dan viola, Alhamdulillah, pintu bisa terbuka.
Praktis hanya butuh waktu kurang dari lima menit, dengan cara yang benar ternyata sangat mudah membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.
Kejadian tersebut menyisakan beberapa PR (Pekerjaan Rumah) seperti lepasnya pengait kunci, lepasnya per/pegas dari dudukannya keduanya terletak di dalam body pintu. Serta cacatnya plastik pelapis/sekat kaca yang telah dibuka.
Beberapa hal yang bisa saya garis bawahi dan bisa dijadikan pelajaran, ingat ini khusus Avanza/Xenia;
1. Prioritas, karena paling mudah, adalah membuka pintu kanan belakang (belakang supir).
2. Buka/tarik keseluruhan karet/klep penyekat antara kaca dengan body. Jangan sampai terlipat karena akan rusak.
3. Gunakan kawat/besi kecil yang ujungnya dibengkokkan sebagai pengait pengait. Panjang minimal sekitar 20cm.
4. Lihat dibawah tombol pengait kunci (door lock) ada plasatik (biasanya putih) yang menghubungkan besi dari pengait tadi dengan kunci di sisi pintu.
5. Tarik keatas pengait tadi, ingat ini sangat mudah dan ringan, dan jangan dipaksakan. Kalau keras berarti Anda salah tarik 
:)
6. Aha Aureka!
Pelajaran yang bisa diambil;
– Jangan tergesa-gesa meninggalkan mobil, lupa dikunci bisa kecurian tapi tertinggal kunci didalam juga repot 
:(
– Buat kunci duplikat dan simpan ditempat rahasia yang bisa kita jangkau. Misalnya di body mobil itu sendiri (ingat rahasia dan benar² tersembunyi) kalau tidak ingin diketahui orang lain.
– Pengetahuan yang cukup sebelum bertindak sangat bermanfaat untuk menghindari kerugian waktu maupun kerusakan.

Semoga bermanfaat bagi Anda karena pengalaman memang guru yang baik dan efektif :d


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips membuka mobil yang terkunci dari dalam (kunci tertinggal didalam) Rating: 5 Reviewed By: Unknown