728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Kapal USS Sampson Amerika baru 1 hari Temukan 12 Jenazah Airasia


JAKARTA - Baru bertugas sehari, kapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Sampson telah menemukan 12 jenazah korban pesawat nahas AirAsia QZ 8501. Pengamat Militer President University, Anak Agung Banyu Perwita menilai, hal tersebut merupakan sesuatu yang kebetulan.
"Itu cuma kebetulan, mereka lewat di area operasi terus ketemu jasad," paparnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (3/1/2014).
Agung menambahkan, bahwa metode pencarian jasad dengan pendeteksian bangkai pesawat merupakan hal berbeda. Menurutnya, pada penemuan mayat oleh kapal AS tersebut tidak dilandasi dengan penggunaan teknologi pendeteksi manusia.
"Tidak ada mesin yang bisa mendeteksi keberadaan manusia di lautan," tambahnya.
Lain halnya dengan pencarian bangkai pesawat yang perlu alat pendeteksi logam. Dia menambahkan, teknologi yang dipunyai kapal TNI AL dengan kapal Negeri Paman Sam tidak bisa menjadi ukuran perbandingan dalam operasi Search And Rescue (SAR).
"Soalnya selain teknologi, perlu juga penguasaan medan," imbuhnya.
Agung lantas meragukan bahwa armada laut AS memiliki alat yang yang canggih yang mampu mendeteksi keberadaan pesawat yang hilang di wilayah perairan. Dalam pencarian MH 370 misalnya, meski melibatkan berbagai negara maju, tetapi hingga kini belum juga ditemukan.

"Kalau teknologi mereka mumpuni, MH 370 sampai sekarang mereka juga tidak mampu menemukan," pungkasnya. (sna)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kapal USS Sampson Amerika baru 1 hari Temukan 12 Jenazah Airasia Rating: 5 Reviewed By: Unknown