728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Kampus Amerika Rawan Kriminalitas

Pencurian kendaraan menjadi salah satu tindak kejahatan yang sering terjadi di kampus-kampus Amerika. (Foto: shutterstock)

AMERIKA - Setiap orangtua memasukan anak mereka ke perguruan tinggi terkenal dengan harapan si anak dapat belajar di lingkungan yang aman. Nyatanya, universitas unggulan sekalipun menghadapi berbagai masalah kriminal.
Hal ini terjadi di Amerika Serikat, khususnya di kampus-kampus dalam 100 besar pemeringkatan kampus terbaik dunia. Tiga masalah kriminal utama yang biasanya dihadapi di berbagai kampus Amerika tersebut adalah pelecehan seksual, penyalahgunaan narkoba dan alkohol.
Data ini ditunjukkan oleh peta interaktif buatan perusahaan hukum, Panish Shea & Boyle. Peta itu memperlihatkan data kejahatan kampus sesuai Undang-Undang Clery. Undang-undang ini mewajibkan semua perguruan yang menerima dana federal setiap tahunnya mempublikasikan statistik kejahatan yang terjadi di sana.
Pada praktiknya, aturan yang dibuat sejak 1990 itu tidak selamanya dijalankan. Banyak perguruan tinggi menutup-nutupi kejahatan di lingkungan kampus karena ingin menjaga reputasi dan citra institusi.
Berdasarkan peta tersebut, Huffington Post, Sabtu (17/1/2015) melansir daftar kampus Amerika yang rawan tindak kriminal. Stanford University melaporkan 517 kejahatan yang terjadi di lingkungan kampus. Kemudian, University of California Los Angeles melaporkan 433 kasus, University of Maryland College Park melaporkan 371 kasus, University of California Berkley melaporkan 337 kasus dan kampus utama University of Virginia melaporkan 265 kasus.
Daftar itu juga menempatkan Harvard University sebagai kampus dengan kasus kejahatan seksual terbanyak, yaitu 83 laporan. Setelah Harvard ada University of Michigan Ann Arbor (64 kasus), Stanford University (59 kasus), University of North Caroline Chapel Hill (52 kasus) dan University of California Berkley (49 kasus).
Perampokan juga menjadi kejahatan yang kerap terjadi di kampus. Mahasiswa Stanford (383 kasus) paling sering melaporkan kasus perampokan. Berikutnya adalah UCLA (319 kasus), Wake Forest (185 kampus), University of Virginia Main Campus (183 kasus) dan University of Georgia (174 kasus).
Selain itu, tindak kriminal lain yang sering dialami mahasiswa adalah pencurian Kendaraan Bermotor. Peta ini menunjukkan, 105 kasus pencurian kendaraan bermotor terjadi di University of Maryland College Park. Kemudian, 51 kasus terjadi di California State Polytechnic University, Pomona; 49 pencurian terjadi di Stanford University, 35 kasus terjadi di Duke University dan University of Florida.

(rfa)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kampus Amerika Rawan Kriminalitas Rating: 5 Reviewed By: Unknown