728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Diskusi kartunis Nabi Muhammad bubar diserbu kelompok bersenjata

Serangan kafe di Kopenhagen, Denmark. ©2015 

Diskusi kebebasan berekspresi di Ibu Kota Kopenhagen, Denmark, bubar akibat serangan seorang pria bersenjatakan senapan mesin. Insiden di Cafe Krudttoenden ini menyebabkan seorang pengunjung tewas, sedangkan tiga polisi cedera parah.

The Independent melaporkan, Minggu (15/2), serangan tersebut diduga akibat keberadaan kartunis Lars Vilks sebagai pembicara diskusi. Pria asal Swedia itu adalah sosok yang pernah memicu kemarahan umat muslim lantaran menggambar Nabi Muhammad.

Diskusi yang digelar membahas seni, penghinaan agama, dan kebebasan berekspresi. Vilks menjadi narasumber utama. Kartunis ini sudah berkali-kali menerima ancaman pembunuhan karena berkeras menggambar sosok panutan umat muslim. Rumah warga negara Swedia itu pernah dibakar orang tak dikenal pada 2010.

Duta Besar Prancis untuk Denmark Francois Zimeray termasuk salah satu peserta diskusi. Beruntung dia berhasil menunduk dan tidak terluka. "Tembakan beruntun mengenai jendela," ungkapnya.

Polisi yang menjaga diskusi sempat baku tembak dengan pelaku. Namun senjata penyerang lebih canggih sehingga aparat bertumbangan akibat berondongan peluru.

Hasil investigasi forensik menyatakan setidaknya ada 30 lubang akibat berondongan peluru di jendela kafe. Sedangkan penyelidikan sementara menyimpulkan pelaku penembakan adalah satu pria bertopeng. Tetapi dia diyakini tidak beroperasi sendirian, karena ada mobil yang menjemputnya untuk kabur. Publik mengaitkan serangan ini dengan penyerbuan Tabloid Charlie Hebdo awal 2015.

Denmark meyakini serangan tersebut bermotif politik. "Denmark kini dalam situasi darurat terorisme. Prioritas pemerintah adalah menangkap pelaku secepatnya," kata Perdana Menteri Helle Thorning-Schmidt.

Identitas korban tewas belum dilansir. Namun diketahui bahwa dia pria berusia 40 tahun



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Diskusi kartunis Nabi Muhammad bubar diserbu kelompok bersenjata Rating: 5 Reviewed By: Unknown