728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Cara Lain Daftar Bidikmisi


JAKARTA - Pendaftaran program beasiswa Bidikmisi bisa juga dilakukan secara semi online. Tata caranya pun tidak jauh berbeda dengan pendaftaran online.

Meski begitu, ada sejumlah perbedaan yang mesti diperhatikan dalam pendaftaran semi online ini. Berikut tata cara pedaftaran program Bidikmisi semi online sesuai Pedoman Penyelenggaraan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi Tahun 2015.

Di pendaftaran semi online, sekolah harus mengunduh aplikasi untuk pendaftaran semi online yang terdapat di laman http://bidikmisi.dikti.go.id. Sekolah kemudian mengisi formulir bagi sekolah dan anak didiknya pada aplikasi tersebut. Setelah proses pengisian formulir selesai, sekolah mengunggah hasilnya di laman http://bidikmisi.dikti.go.id atau menyerahkannya pada pengelola Bidikmisi di perguruan tinggi masing-masing.

Usai siswa mendaftar ke program Bidikmisi, mereka bisa mengurus pendaftaran ke perguruan tinggi pilihan sesuai dengan ketentuan dan pola seleksi yang ada yaitu:

1. SNMPTN melalui http:// snmptn.ac.id;

2. SBMPTN melalui http://sbmptn.ac.id;

3. PMDK Politeknik melalui http://pmdk.politeknik.or.id/;

4. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN; dan

5. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS.

Nah, ketika diterima di kampus tujuan dan lolos seleksi sebagai penerima Bidikmisi, siswa harus membawa dokumen-dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran ulang seleksi masuk. Berikut dokumen-dokumen yang perlu disiapkan siswa:

a. Kartu peserta serta formulir pendaftaran pada program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi;

b. Surat keterangan lulus dari kepala sekolah;

c. Fotokopi rapor semester satu s.d. enam yang dilegalisasi oleh kepala sekolah;

d. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh kepala sekolah;

e. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisasi oleh kepala sekolah;

f. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ekstrakurikuler yang dilegalisasi oleh kepala sekolah;

g. Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM);

h. Surat Keterangan Penghasilan Orangtua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;

i. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;

j. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.


(rfa)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara Lain Daftar Bidikmisi Rating: 5 Reviewed By: Unknown