728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Warung Shodaqoh, gratis untuk fakir miskin dan kaum duafa


Hari Jumat saat terik matahari mulai menyengat, Dewi dan Isya mulai menyiapkan makanan untuk warung Shodaqoh. Warung ini khusus fakir miskin dan kaum duafa di jalan Gedongkuning Yogyakarta.

Pukul 11.00 WIB beberapa pelanggan setia yang kebanyakan tukang becak, pemulung, tukang parkir, tunawisma dan lainnya sudah berdatangan. Mereka antre di warung yang hanya berdiri di trotoar dengan atap terpal.

"Ini gratis mas," kata Dewi pegawai warung Shodaqoh.

Sembari melayani langganan mereka, Dewi bercerita tentang warung yang hanya buka pada hari Jumat mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB tersebut.

"Ini yang punya ibu Yuniana Oktoviati, yang punya usaha batu alam, kebetulan ibu sedang pergi ke Jakarta. Warung ini sudah setengah tahun berjalan, dan gratis untuk orang yang tidak mampu," ujarnya.

Dia menjelaskan, bahwa mulanya warung tersebut dibuat setelah sang pemilik terinspirasi dengan sebuah warung di Jawa Barat, yang memberikan makanan gratis setiap hari Jumat untuk orang-orang tidak mampu.

"Kalau nggak salah ibu itu bikin karena ada yang sudah bikin lebih dulu, ibu baca di internet. Saya nggak tahu pastinya, karena cuma pegawai saja di sini," jelasnya.

Setiap Jumat warung Shodaqoh menyediakan 100 sampai 150 porsi makanan. Menunya pun bervariasi, mulai dari telur, lele, sop, sampai ayam bergantian disajikan setiap Jumat.

"Kebetulan hari ini ayam, kami berdua yang masak," ungkapnya.

Gunawan, salah seorang tukang becak yang mengaku kerap datang ke warung Shodaqoh. Jika dihitung sudah lebih dari enam kali dia datang ke warung Shodaqoh.

"Sudah lebih enam kali, biasanya saya makan di sini, dapat gratis, enak juga makanannya," ungkapnya.

Sementara Rahmat, seorang tunawisma juga mengaku sudah kerap datang ke warung Shodaqoh. Setiap Jumat dia bersama seorang temannya sengaja datang ke warung Shodaqoh untuk mendapat makanan gratis.


"Setiap hari Jumat saya ke sini, kadang dibungkus kadang makan disini," katanya singkat.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warung Shodaqoh, gratis untuk fakir miskin dan kaum duafa Rating: 5 Reviewed By: Unknown