728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Di koordinat hilangnya pesawat, tim SAR tak temukan AirAsia


Pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura telah hilang kontak sejak pagi tadi. Diketahui, posisi terakhir saat pesawat hilang kontak pada koordinat 03.36.31 lintang selatan dan 108.41.46 bujur timur.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murjatmodjo di Kantor Otoritas Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (28/12) mengatakan, hilangnya kontak dengan pesawat jenis Airbus A320-200 tersebut berselang 5 menit setelah pilot meminta izin naik. "Tim Basarnas langsung melakukan pencarian ke koordinat tersebut. Tapi tidak ditemukan adanya petunjuk mengenai keberadaan pesawat AirAsia ini, jelasnya.

Dia menegaskan belum bisa berasumsi terkait penyebab hilangnya kontak pesawat AirAsia lantaran tidak adanya sinyal dari Emergency Locator Transmitter (ELT) maupun Pinger yang menandakan pesawat tersebut jatuh ke darat atau ke laut.

"Jadi belum ada perkembangan. Kami masih lakukan pencarian di laut sekitar Belitung, Palembang dan sekitarnya serta di darat dari Sampit sampai Pontianak," ungkap Djoko.

Jumlah armada yang dikerahkan untuk mencari pesawat AirAsia ada tujuh pesawat. Di antaranya TNI Angkatan Udara mengirimkan pesawat AI 7303 take off dari Makassar. Kemudian CN 235 callsign P860 yang berangkat dari Juanda, Surabaya.

Selain itu ada juga Pesawat Patmar CN 235 callisgn P861 yang berangkat dari Batam. Ada juga pesawat Heli Dauphin SAR HR 3601 yang berangkat dari Pondok Cabe. Dari Halim Perdanakusuma Pesawat A 1323 dan pesawat Heli HT 3310. Dan terakhir adalah pesawat Kalibrasi King Air yang take off dari dari Budiarto.

"Pencarian terus dilakukan, di laut sekitar Belitung, Palembang dan sekitarnya serta di darat dari Sampit sampai Pontianak. Jika sampai malam hari belum ada hasil, maka akan dilanjutkan besok pagi," jelasnya.

5 Negara siap bantu cari AirAsia

Sebanyak lima negara tetangga telah menawarkan bantuan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan pencarian dan investigasi keberadaan pesawat AirAsia. "Ya kami menerima tawaran bantuan dari Australia, Singapura, Inggris, Korea Selatan dan Malaysia. Mereka siap membantu mencari dan juga investigasi kalau di minta," kata Ketua KNKT Tatang Kurniadi.

Dia mengaku menyambut baik negara-negara yang menawarkan bantuan. Namun, saat ini pihaknya tengah mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencari pesawat tersebut. "Kami masih coba cari dengan semaksimal mungkin," katanya.

Tatang belum berani menyebutkan penyebab hilangnya AirAsia. Pihaknya masih mencari keberadaan pesawat tersebut lewat sinyal dari ELT maupun Pinger. Ditanya kemungkinan terburuk, Tatang pun enggan berasumsi.

Saya jarang berpikir terburuk, pegangan dari seorang investigator tidak boleh menempatkan spirit dalam posisi negatif. Jadi kami tetap otimis bisa ditemukan," katanya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Di koordinat hilangnya pesawat, tim SAR tak temukan AirAsia Rating: 5 Reviewed By: Unknown