728x90 AdSpace

Latest News
UpdateYuk.com. Powered by Blogger.

Nama Baik Jadi Alasan Sekolah Membeli Kunci Jawaban UN


MEDAN - Walaupun ujian nasional (UN) tidak menjadi patokan kelulusan siswa, namun tetap saja hasil UN dinilai berpengaruh besar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah pada tahun ajaran berikutnya.

Hal itulah yang menjadi alasan pihak sekolah pasang badan untuk berjuang mendapat secarik kertas kunci jawaban UN demi siswa dan nama baik lembaga pendidikan.

"Bagaimana mau berjalan dengan baik, kunci jawaban UN tingkat SMA/SMK saja sudah tersebar. Kalau semua sekolah pakai kunci jawaban sedangkan kami tidak, nama baik sekolah kami yang jelek. Mana ada yang mau mendaftar ke sekolah yang nilai UN-nya jelek," beber salah seorang wakil kepala sekolah swasta di Deli Serdang yang tidak bersedia disebutkan identitasnya di Sumatera Utara, Jumat (17/4/2015).

Dia memprediksi, nilai UN tingkat SMA/SMK di wilayah Medan dan Deli Serdang, Sumut akan mendapat bagus karena banyak sekolah yang menggunakan kunci jawaban UN. "Saya takut UN di Medan dan sekitarnya akan diulang. Terlebih Menteri Pendidikan mengatakan akan mengulang UN di wilayah yang nilai UN-nya tidak wajar (tinggi)," ujarnya.

Melihat dugaan bocornya soal UN dan kunci jawaban UN yang tersebar, dia berharap UN tidak lagi diselenggarakan untuk tahun berikutnya. "Bukan tahun ini saja, setiap tahun kunci jawaban UN tersebar. UN hanya menghabiskan anggaran saja, tidak ada antisipasi dari pemerintah, buktinya tahun ini kunci jawaban tersebar lagi. Jerih payah guru terbuang gara-gara kunci jawaban ini," pungkasnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Nama Baik Jadi Alasan Sekolah Membeli Kunci Jawaban UN Rating: 5 Reviewed By: Unknown